Rabu, 03 Juni 2009

MENGENAI KULIAH KERJA TORAJA FAKULTAS TEKNIK- FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS INDONESIA 1975




LATAR BELAKANG:

1. Kuliah Kerja adalah bagian yang integral dari kurikulum pada Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Program ini merupakan suatu kewajiban bagi setiap mahasiswa yang sudah duduk di tingkat III. Tidak seperti kurikulum yang lain, kuliah kerja dilakukan langsung di lapangan, Kuliah kerja juga harus dibedakan dengan pengertian kerja praktek dimana mahasiswa banyak belajar hal-hal yang bersifat praktis. Dalam kuliah kerja mahasiswa belajar melalui :
- pengamatan/penghayatan terhadap obyek - analisa
- pengukuran, sketsa, wawancara - kesimpulan
- diskusi
Dengan tahapan2 ini mahasiswa dibawa untuk melihat dan berfikir tentang lingkungan hidup yg sudah ada, dimulai dari proses terjadi sampai kemungkinan pengembangannya. Kuliah kerja di-harapkan dapat memberikan penghayatan akan suatu lingkungan hidup dengan masalahanya, terutama kebutuhan akan ruang.

2. Tana Toraja merupakan suatu lingkungan hidup dimana tinggal suku Toraja. Sejak lama kita tahu bahwa disana banyak hal yang menarik & khas. Hingga Tana Toraja merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Indonesia. Kebudayaan suku Toraja setelah sekian lama berjalan, membuahkan hasil yang khas. Kekhasan itu tidak saja terletak pada hakekatnya sen-diri, tetapi juga pada bagaimana suku Toraja dapat mempertahankan nilai2 budayanya dalam abad modern ini, Salah satu hasil kebudayaan suku Toraja ialah rumah adatnya. hal yang menarik untuk dipelajari padanya.
Mulai dari bagaimana pertama kali suku Toraja memenuhi kebutuhannya akan ruang sampai akhirnya terbentuk rumah adat yang demikian unik & khas.
Atas pertimbangan itu rumah adat Toraja dijadikan salah satu bagian dari obyek kuliah kerja ini, disamping lingkungan hidupnya yang menjadi obyek pokok.
3. Untuk mencapai hasil yang lengkap dan seimbang kuliah kerja ini mempelajari lingkungan secara sosiologis. Arsitektur sebagai cermin suatu kebudayaan sudah sepantasnya amati pula oleh para sosiolog. Dalam realisasinya diadakan kerjasama interdisipliner dengan mahasiswa2 jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu-ilirm Sosial Universitas Indonesia. Begitu juga jalan dengan kerjasama itu ditandatangani suatu bentuk kerjasama dengan Direktorat Tata Kota & Daerah Departemen PUTL. Kerjasama tersebut menyangkut bantuan untuk mencari data-data dalam rangka pengembangan daerah Sulawesi umumnya dan Tana Toraja khususnya melalui sektor pariwisata.
4. Kuliah kerja mahasiswa Arsitektur 1975 ke Tana Toraja dapat terlaksana adanya pengerahan pikiran dan dana yang besar. Semua ini dicapai baik dengan kerjasama antara unsur2 Universitas Indonesia maupun berkat bantuan berbagai pihak di luar Universitas, baik di Jakarta maupun di Toraja. Panitia Kuliah Kerja Toraja 1975 cukup menyadari bahwa tanpa adanya bantuan bantuan itu, kuliah kerja ini sukar kemungkinannya untuk terlaksana. Sehubungan dengan itu dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang besar kepada semua pihak yang telah membantu. Mudah2-an hubungan yang sudah terjalin dapat terpelihara untuk masa mendatang. Akhirnya harapan kami semoga hasil kuliah kerja Toraja 1975 ini akan berguna be mahasiswa, bangsa, dan negara.

UCAPAN TERIMA KASIH:

Presiden RI Haji Muhammad Suharto
Direktorat Tata Kota & Daerah Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen PUTL.
BINA GRAHA.
Bapak Letnan Jenderal A.J. PITONO
 SESDALOBANG bp. Bardosono.
 Gubernur KDH I Sulawesi Selatan Prof. DR. Amirudin.
Bupati Kepala Daerah Tingkat II Tana Toraja, Bapak A.Y. ANDI LOLO
Ibu Profesor P.O. Ichromi
Bapak Drs. Sulaiman
Bapak Kila B.A.
Staff Pemda Kabupaten Tana Toraja
Masyarakat Tana Toraja
Badan Urusan Logistik  Bustanil Arifin
P.T. Perrbangunan Jaya
P.T. Perencana Jaya
P.T. Widya Pertiwi Engineering
P.T. Kimia Farma
Merpati Nusantara Airlines
Direktorat Jenderal Pajak
Direktorat Jenderal Bea & Cukai
P.T. Ideco Utama
dan Semua pihak yang telah turut membantu



PESERTA:



Agus Adhi,
Agus Mulia,
Budiono Busyaeri,
Rosa Diniari,
Alm.Wahyu Sardono,
Hedi Nursalin Silaban,
Listyo Sumantri,
Siti Joko,
Julizar Amran Abdi,

Adhika Bhayangkari,
Ronald Londam Tambun,
Budi Adelar Sukada,
Haryono,
Djoko Suryono,
Andy Widjaja,

Sugianto Lohanda,
Azrar Hadi,
Robert Lawang,
Saptono Istiawan,
Seniwono Hanifa,

DOSEN PEMBIMBING :

Prof . Dipl. Ing Suwondo BS,
Prof Valerine, SH,
Ir. Yan Ciptadi.


Peserta tamu:

alm. ibu Wancin Suwondo
dan Maruto Suwondo


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar